Jumat, 28 Februari 2014

Ketika Ninja 250R Jadul Overheat, Solusinya… DITOWEL…!!

21 02 2013
idealnya aliran hawa panas sih begini…tapi…
Beberapa bulan lalu ada kejadian yang bikin kaget..dari bawah fairing Ironhide tersembur cairan hijau yang lumayan banyak sampai menetes di jalan. Wow..Kawasaki has a green blood..eeh gak taunya itu radiator coolant yang entah bagaimana keluar dari habitatnya.
Awalnya ane pikir air radiator kebanyakan… tapi begitu melihat indicator overheat menyala merah, ane langsung curiga. Ada sesuatu nih…!!
klinik tongfang khusus motor
Motor ane larikan ke Performa Motoshop setelah sebelumnya telpon sang juragan bengkel, koh Leo.
Diberi wangsit bahwa kemungkinan besar mesin overheat dan kipas gak menyala…!! Wah betul..ada yang salah dengan kipas..!!
Eh, selang beberapa minggu kemudian setelah diperiksa di bengkel, indicator overheat kembali menyala merah, tapi coolant gak sampai berceceran seperti dulu. Ada yang salah ini dengan system heat dissipation…!!
Belum habis penasaran ane, ketika Ironhide dipakai bro Rial, doi telpon..”bro, radiator elo jebol neh…coolant bececeran dimana-mana…!!” eh bujug…macam apapula itu radiator jebol…??
Lhaa..rupanya sama mbah Rial motor dibawa ke Kawasaki Bogor dan dari situ diketahui bahwa kipas masih sehat wal-afiat dan rupanya heat sensor yang nempel di radiator gak jalan…!! Sehingga akhirnya di bypass dan dibuatkan saklar agar nyalanya kipas menjadi on-demand.
radiator Ninja 250R
Tapi ane tetap penasaran. Motor kembali ane bawa ke bro Leo, dan di sana kembali di cek. Setelah bercumbu sekian jam dengan Ironhide, bro Leo bersabda… “gue tau salahnya neeh. Solusinya Cuma perlu DITOWEL…” (ditowel itu artinye diberi senggolan sedikit agar sensor kembali ke dudukannya)
Nah..lho..apapula itu…??
ini nih yang namanya radiator heat sensor
Rupanya sensor berkode part 27010 itu yang akan menyalakan kipas ketika suhu radiator mencapai kurleb 100 derajat celcius itu KENDOR dudukannya sodara-sodara…!! Sehingga hanya dengan sekali DITOWEL, ternyata kipas kembali menyala.nih cek kode sparepart di bawah.
kode parts bagian radiator Ninja 250
dan ini flowchart kerjanya
flowchat kerja radiator Ninja 250R
Alhasil setelah diberi TOWELAN sakti oleh bro Leo, Ironhide kini gak perlu takut overheat lagi. Kalaupun indicator menyala, sensor yang letaknya tepat dibalik fairing kiri itu tinggal DITOWEL saja…!! Yah maklum motor jadul, ada aja kasusnya..he he he..
SALAM TOWEL…!!

Tidak ada komentar: