Selasa, 04 Maret 2014


Ubuntu untuk Tablet Resmi Dikenalkan dengan Fitur Multi-tasking
2013-02-20 10:41:45
Oleh Husodo
21
4476
Sistem operasi Ubuntu tidak hanya hadir di perangkat TV, desktop, maupun ponsel. Canonical akhirnya secara resmi juga menghadirkan Ubuntu untuk perangkat tablet PC. Sama seperti versi developer preview di smartphone, Ubuntu versi tablet ini juga akan tersedia pada 21 Februari. Selain Galaxy Nexus dan Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10 bakal bisa mencicipi Ubuntu versi touch.
Dikutip dari Engadget, tablet yang dijual menggunakan OS Ubuntu di dalamnya (built-in) dikatakan belum akan tersedia hingga tahun depan. Sementara untuk smartphone yang sudah built-in Ubuntu dikabarkan mulai tersedia di pasaran mulai tahun depan. Menurut kabar yang beredar, smartphone dengan Ubuntu kemungkinan bakal hadir bulan Oktober. Beberapa bulan kemudian barulah hadir smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan mode docking.
Keunggulan yang juga dimiliki Ubuntu versi ini adalah sangat ringan. Sejak Ubuntu 14.04 diluncurkan, para pengembang game bisa memindahkan karyanya ke versi lain dengan mudah, karena masih bisa menggunakan kode sumber yang, dengan fitur keamanan yang sama, profil pengguna dan antar muka.
Ini artinya, sebuah aplikasi Ubuntu yang dibuat untuk smartphone juga bisa berjalan di versi tablet atau perangkat Ubuntu lain tanpa perlu repot melakukan porting atau tweaking. Cara ini berbeda dengan yang ada di OS Windows, Windows Phone 8, Windows RT, dan Windows 8.
Di Ubuntu versi tablet, terdapat juga sejumlah fitur-fitur unggulan. Diantaranya adalah Real multitasking, Secure multi-user, Voice controlled HUD productivity, Edfe magic for cleaner apps, Content focus, dan Full convergence. Selain itu, Ubuntu versi ini mendukung perangkat yang menggunakan ukuran layar dari 6 inci hingga 20 inci, serta yang beresolusi dari 100 hingga 450 PPI.
'Di tablet kami, Anda akan merasakan pengalaman multi-tasking yang dipadu dengan kemewahan dan keamanan yang ketat,' kata Mark Shuttleworth, pendiri Ubuntu dan Canonical. 'Antarmuka keluarga Ubuntu kini mendukung semua layar, jadi ponsel Anda bisa memberikan pengalaman layaknya tablet, PC dan TV saat menggunakan dock. Ini merupakan hal yang unik di Ubuntu dan ini merupakan masa depan dari komputer personal,' tambah Shuttleworth.
http://www.youtube.com/watch?v=h384z7Ph0gU

Tidak ada komentar: